Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Pada artikel kali ini Sandai.my.id akan membahas mengenai manfaat sari kurma untuk ibu hamil. Jika kalian tertarik untuk mengenal manfaat dari sari kurma ini, maka silahkan simak pembahasan berikut.

Dibalik rasanya yang manis, kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari sari kurma. Ada berbagai nutrisi penting di dalamnya yang membuat sari buah kurma sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sari kurma dibuat dengan menumbuk kurma dan mengekstrak sarinya. Sari kurma biasanya kental, warnanya hitam gelap, dan rasanya manis, membawa manfaat yang sama dengan buah kurma. Selain gula, sari kurma juga kaya akan mineral dan antioksidan.

Sedikit berbeda dengan buah kurma, tapi sari kurma lebih mudah dicerna dan lebih baik untuk dikonsumsi. sari kurma juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah manfaat sari kurma untuk ibu hamil.

Penting untuk memahami manfaat sari kurma untuk ibu hamil, karena efek dari manfaat tersebut tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, tetapi juga bagi janin itu sendiri dan bagi ibu yang sudah menyusui.

Nutrisi yang terkandung dalam sari kurma ada magnesium, zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin K. Tentu saja di masa kehamilan, ibu hamil memang perlu mengonsumsi banyak makanan sehat, seperti sari kurma.

Manfaat Sari Kurma bagi Ibu Hamil

Agar dapat mengetahui manfaat dari sari kurma, Sandai.my.id kali ini akan beberkan beberapa manfaat sari kurma untuk ibu hamil:

Bantu Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini mampu meningkatkan produksi sel darah merah untuk ibu hamil, termasuk untuk siapa saja yang mengonsumsinya. Namun jika dikonsumsi oleh ibu hamil akan kecil kemungkinan ibu hamil mengalami sakit anemia. Sehingga ibu hamil tetap mampu menjaga kesehatan dirinya dan tidak berdampak pada kesehatan janinnya pula.

Produksi sel darah merah ini mampu diproduksi karena dalam kandungan sari kurma terdapat zat tembaga. Karena jika terjadi kerusakan pada sel darah merah dalam jumlah yang besar, tentu saja hal ini dapat menyebabkan kekurangan darah bagi ibu hamil. Dan dapat berakibat pada ibu hamil yang kekurangan sel darah merah atau mengalami anemia.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ternyata bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya tulang ibu hamil tetapi juga bagi janin dalam kandungan. Apalagi untuk penumbuh gigi bagi si janin, ini penting sekali.

Karena sari kurma ini memang sangat dipercaya mampu mendukung dalam pembentukan tulang dan gigi. Hal ini karena di dalam sari kurma terdapat zat kalium yang cukup banyak.

Mencegah Terjadinya Infeksi pada Kehamilan

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ternyata bisa mencegah terjadinya infeksi karena virus, bakteri, dan patogen lainnya. Hal ini berarti pula dapat menguatkan sistem imun dari ibu hamil dan janinnya pula.

Kandungan zat antioksidan yang dikenal dengan sebutan tanin inilah yang dipercaya sebagai anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik. Maka penting sekali bagi ibu hamil untuk mengonsumsi sari kurma untuk menjaga daya tahan tubuh selama masa kehamilan.

Menjadi Sumber Energi dan Aspuan Nutrisi Sehat

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini ternyata mampu memberikan banyak sumber energi bagi ibu hamil. Karena biasanya memang ibu yang sedang hamil, membutuhkan banyak energi untuk tetap sehat menggendong sang janin di dalam perut.

Kandungan karbohidrat serta gula alami di dalam sari kurma seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa inilah sumbernya. Sehingga bisa menjadi camilan sehat bagi ibu hamil, karena bisa dikonsumsi setiap hari.

Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Darah

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini ternyata mampu meningkatkan kadar oksigen dalam darah bagi ibu hamil. Kadar oksigen yang cukup dalam darah ini tentu sangat penting menjaga kesehatan si janin.

Kandungan zat besi dalam kurma inilah yang mampu memantik peningkatan kadar oksigen dalam darah. Karena diketahui pula bahwa zat besi ini merupakan satu elemen penting yang ada dalam hemoglobin. Sehingga dapat memperkuat daya dukung oksigen di dalam darah ibu hamil.

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ternyata mampu membantu menurunkan risiko cacat lahir bagi sang janin. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam folat di dalam sari kurma. Tidak hanya itu, bahkan asam folat ini juga menjadi salah satu nutrisi penting bagi perkembangan saraf pusat bagi ibu hamil terutama juga saat ibu sudah menyusui.

Melancarkan Persalinan

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini ternyata mampu melancarkan proses persalinan ibu hamil juga. Karena selain berolahraga, ibu hamil juga membutuhkan nutrisi yang mampu mendukung stamina tubuhnya sebelum menghadapi proses persalinan.

Baca Juga: Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Kandungan dalam sari kurma yang mampu menghasilkan hormon oksitosin inilah, yang mampu memperkuat kontraksi otot rahim saat ibu hamil dihadapkan dengan proses persalinan. Jika dibandingkan harus mengonsumsi obat oksitosin, dampak yang lebih baik dihasilkan tentu saja dalam sari kurma ini. Karena kandungan oksitosin yang dihasilkan benar-benar alami.

Kapan sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi kurma?

Ibu hamil dapat mulai makan kurma beberapa hari mulai dari minggu kehamilan ke-36, yaitu empat minggu sebelum perkiraan tanggal kelahiran. Kurma tidak memiliki efek samping saat dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Selain Bagi Ibu Hamil, Apa Saja Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan?

Selain manfaat sari kurma untuk ibu hamil, dibawah ini merupakan beberapa manfaat sari kurma untuk kesehatan yang bisa kalian dapatkan:

Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat sari kurma yang penting bagi tubuh adalah mampu menjaga fungsi pencernaan. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sari kurma dapat melancarkan pergerakan tinja di dalam usus, sehingga buang air besar menjadi lancar dan teratur.

Manfaat ini diduga ada berkat mineral dan gula di dalam sari kurma. Selain itu, sari kurma juga mengandung antioksidan yang kuat sehingga bisa melindungi usus dari penyakit yang disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas.

Makanan manis biasanya menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Namun, sari kurma justru diketahui dapat merangsang produksi hormon insulin oleh pankreas sehingga bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Manfaat sari kurma ini diduga berasal dari aktivitas antioksidan yang dikandungnya.

Selain itu, rasa sari kurma yang manis juga bisa membantu menghilangkan keinginan mengonsumsi makanan manis yang tidak sehat pada penderita diabetes. Hal ini akan membantu mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi diabetes, misalnya penyakit neuropati diabetik.

Menaikkan trombosit dan hemoglobin

Sari kurma diyakini mampu menaikkan kadar trombosit berkat banyaknya kandungan glukosa, vitamin C, dan antioksidan alami di dalamnya. Oleh karena itu, sari kurma sangat baik untuk dikonsumsi, terutama bagi penderita demam berdarah dengue (DBD).

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan mineral dalam sari kurma berperan penting untuk pembentukan hemoglobin dan produksi sel darah merah. Maka dari itu, sari kurma juga baik dimanfaatkan untuk anemia defisiensi zat besi pada anak-anak.

Mengurangi tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi tekanan darah adalah menjalani pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium.

Kalium merupakan mineral tertinggi yang terkandung dalam sari kurma. Oleh karena itu, sari kurma dinilai cocok untuk dikonsumsi penderita hipertensi.

Guna mendapatkan manfaat sari kurma secara maksimal, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah. Pertama, pisahkan daging kurma dari bijinya, kemudian masukkan ke dalam panci. Tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Setelah itu, saring kurma untuk mendapatkan sarinya.

Membuat sari kurma sendiri akan menghindarkan kalian dari bahan pengawet dan gula tambahan yang mungkin ada dalam sari kurma instan. Bahan tambahan ini dinilai bisa mengurangi manfaat sari kurma itu sendiri.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat sari kurma bagi ibu hamil yang perlu kalian ketahui. Selain itu, kalian juga perlu mengenal manfaat dari sari kurma untuk kesehatan. Semoga artikel dari Sandai ini memberikan manfaat dan menambah wawasan. Terimakasih telah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.