Manfaat Daun Kelor dan Cara yang Benar Mengolahnya!

Manfaat Daun Kelor dan Cara yang Benar Mengolahnya!

Daun kelor atau Moringa oleifera merupakan tanaman tropis yang biasa digunakan dalam pengobatan. Daun kelor memiliki beberapa manfaat luar biasa. Apa Manfaat Daun Kelor? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan sangat banyak dan sering digunakan untuk berbagai keperluan. Di Indonesia, tanaman ini tidak sulit ditemukan dan biasanya ditanam di pekarangan rumah. Daun kelor kaya akan nutrisi seperti protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin A, dan asam folat. Karena kandungan tersebut, daun kelor menjadi standar obat herbal yang banyak khasiatnya.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif bagi penderita gangguan kesehatan. Ada beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Simak lebih lanjut penjelasannya berikut ini.

Pencegahan Diabetes

Penyakit ini bisa menjadi hantu yang menakutkan karena sangat sulit untuk diobati begitu penyakit itu berkembang. Diabetes umumnya disebabkan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Baca Juga: Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Pencegahan penyakit ini terkadang membutuhkan gula yang stabil atau stabil. Daun kelor memiliki kemampuan untuk menjaga kadar gula tetap rendah karena dapat meningkatkan produksi hormon insulin. Hormon ini bertanggung jawab untuk menjaga tubuh dari diabetes.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Selain untuk mengontrol kadar gula darah, manfaat daun kelor lainnya adalah dapat menjaga tekanan darah normal dalam tubuh. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang dikenal sebagai tekanan darah tinggi. Kandungan potasium dan antioksidan dalam daun ini berperan aktif dalam menjaga tekanan darah tubuh.

Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Otak merupakan organ penting manusia. Pada saat fungsi otak terganggu, maka fungsi organ lain juga bisa ikut terganggu. Daun kelor dapat digunakan untuk mendukung kesehatan dan fungsi otak. Tanaman herbal ini kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson. Daun kelor juga meningkatkan memori otak, membuat ingatan kalian lebih jelas.

Pencegahan Kanker

Manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Daun kelor mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker. Kelor juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara, usus besar, dan pankreas.

Antiradang

Daun kelor mengandung bahan yang dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan, seperti infeksi atau luka, sehingga dapat digunakan untuk mengobati peradangan. Biasanya, daun kelor diekstraksi terlebih dahulu kemudian digunakan untuk mengobati peradangan.

Menjaga Daya Tahan

Manfaat lain dari daun kelor adalah dapat meningkatkan stamina. Kondisi ini sangat penting agar tubuh tidak menjadi rentan terhadap penyakit. Daun kelor memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. Oleh karena itu, daun kelor penting untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Daun kelor juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat daun kelor untuk mata adalah memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ penglihatan. Bahan-bahan tersebut antara lain senyawa fenolik, flavonoid, beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein.

Atasi Asam Lambung

Daun kelor memiliki manfaat untuk pencernaan karena mengandung beberapa senyawa bermanfaat seperti tanin dan flavonoid yang dapat meredakan peradangan, iritasi, dan menenangkan gejala maag. Kemampuannya untuk mengatasi peradangan inilah yang menjadikan daun kelor sebagai salah satu tanaman obat untuk mengobati asam lambung.

Kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit jantung, sehingga diperlukan pengobatan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Daun kelor merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut karena mengandung berbagai senyawa yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kelor untuk Wanita

Bagi kaum wanita, konsumsi daun kelor mungkin bukan hal baru. Daun kelor dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi wanita. Namun, ternyata banyak sekali manfaat daun kelor untuk wanita. Manfaat ini meliputi:

Pencegahan anemia pada ibu hamil

Anemia merupakan penyakit berbahaya bagi ibu hamil. Pasalnya kadar darah di dalam tubuh ibu hamil sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dirinya dan anak yang dikandungnya. Selain itu, anemia juga membahayakan saat proses melahirkan. Untuk mengatasi bahaya anemia pada ibu hamil, konsumsi daun kelor bisa menjadi salah satu solusinya. Daun kelor memiliki kemampuan untuk meningkatkan hemoglobin sehingga risiko penyakit anemia bisa dicegah.

Mencegah Risiko Komplikasi Saat Hamil

Komplikasi saat hamil bisa terjadi pada siapa saja. Untuk mencegahnya, ibu hamil harus mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi dan vitamin. Daun kelor bisa menjadi makanan kesehatan yang baik untuk ibu hamil. Hal ini karena daun ini mengandung banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan.

Meningkatkan Produksi Air Susu Ibu

Air susu ibu atau ASI sangat dibutuhkan sebab setelah bayi lahir, konsumsi makanan utama berasal dari ASI. Sayangnya tidak semua wanita bisa langsung memproduksi ASI setelah melahirkan, terkadang butuh pemacu terlebih dahulu agar ASI bisa keluar. Daun kelor ini memiliki efek galactogogue sama seperti daun katuk. Efek inilah yang bisa membuat produksi air susu ibu meningkat. Dengan jumlah ASI yang melimpah, maka kebutuhan nutrisi bayi bisa terpenuhi.

Peningkatan kadar antioksidan setelah menopause

Kadar antioksidan pada wanita sebenarnya dapat menurun akibat penurunan produksi hormon estrogen. Untuk meningkatkan kandungan antioksidan tersebut, dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kelor dalam bentuk bubur. Daun kelor dipercaya dapat meningkatkan jumlah antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Daun kelor tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menjadi bahan alami untuk perawatan wajah. Ingin tahu apa saja manfaat daun kelor untuk kulit wajah? Berikut penjelasannya.

Daun kelor sebenarnya dapat digunakan untuk menunda penuaan dini dengan menghilangkan kerutan, bintik hitam dan garis yang sering muncul sebagai tanda penuaan dini. Manfaat daun kelor karena tanaman ini memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas yang merusak kulit.

Mencerahkan dan meratakan warna kulit

Masalah wajah selanjutnya yang sering muncul adalah warna kulit tidak merata dan kusam. Daun kelor telah terbukti bermanfaat dalam mencerahkan warna kulit dan juga membantu meningkatkan warna kulit wajah agar merata dan merata. kalian bisa menggunakan daun kelor sebagai masker biasa untuk efek maksimal.

Menghilangkan Komedo

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah dapat menghilangkan komedo yang sering muncul di bagian wajah tertentu. Komedo ini jika dibiarkan dalam waktu lama dapat menyebabkan kista yang sangat menyakitkan. Oleh karena itu, jika kalian merasa memiliki komedo membandel, segera lakukan perawatan, terutama menggunakan daun kelor.

Daun ini dapat menghambat produksi minyak penyebab komedo. Dengan perawatan yang rutin, kalian akan mendapatkan kulit yang mulus dan bebas jerawat, tidak ada lagi komedo.

Menghilangkan Jerawat

Selain komedo, jerawat juga merupakan masalah yang sering terjadi pada wajah. Jerawat bahkan bisa menyebabkan kesemutan karena iritasi dan peradangan. Manfaat daun kelor juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Daun kelor memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Moringa juga dapat membantu mengurangi minyak berlebih, penyebab lain jerawat.

Mengecilkan Pori-pori

Salah satu syarat untuk mendapatkan kulit putih mulus adalah wajah harus memiliki pori-pori yang lebih kecil. Jika pori-pori di wajah besar, berarti kulit wajah terlalu banyak mengandung debu dan partikel mikro lainnya. Jika dibiarkan, bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan berubah menjadi jerawat. Untuk mengecilkan pori-pori sebenarnya bisa menggunakan daun kelor karena bahan alami ini mengandung minyak yang dapat membersihkan wajah hingga ke pori-pori dan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori di wajah. .

Menjadi masker bibir alami

Tidak hanya kulit yang membutuhkan perawatan, tetapi juga bibir. Salah satu perawatan yang paling sering dilakukan adalah bibir kering. Bibir kering bisa membuat tidak nyaman, bahkan jika tidak segera diobati, bisa berubah dan berujung pada infeksi. kalian bisa menggunakan masker alami yang terbuat dari daun kelor. Bahan alami ini mengandung asam oleat yang sangat bagus untuk melembabkan bibir dan menjaganya tetap sehat.

Cara yang Benar Mengolah Daun Kelor

Untuk mempertahankan khasiat daun kelor yang bermanfaat, kalian perlu mengetahui cara mengolahnya. Ada beberapa cara mengolah daun kelor yang benar, yakni:

Direbus

Metode ini paling umum dilakukan. Namun, kalian dapat menggunakan bagian mana pun dari daun kelor dengan cara ini. Air rebusannya bisa diminum, dan daun rebusannya bisa digunakan sebagai salad.

Disayur

Sayuran daun kelor tidak hanya lezat tetapi juga lezat dengan manfaat kesehatan. Daun kelor bisa diubah menjadi sayur bening dengan menambahkan jagung dan sedikit daun bawang sebagai pemanis.

Diolah

Untuk membuat daun kelor menjadi teh seperti ini. Pastikan daun kelor kering. Setelah itu, masukkan daun kelor ke dalam cangkir dan seduh seperti teh. kalian juga bisa menambahkan gula atau madu sesuai selera.

Baca Juga: Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

Akhir Kata

Demikianlah ulasan artikel mengenai manfaat daun kelor dan cara yang benar dalam mengolahnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih telah berkunjung!

Leave a Reply

Your email address will not be published.